Ternak Ayam Kampung Organik

Trend produk ayam kampung organik mulai ramai dicari oleh masyarakat, tapi produk ayam kampung organik masih terbatas suplainya, disamping harganyapun relatif mahal dibanding dengan produk non organik.

Ayam kampung lokal Indonesia memiliki varietas terbanyak di dunia, dagingnya mempunyai nilai gizi yang tinggi dan mempunyai cita rasa yang khas dan nikmat dibanding dengan ayam ras. Serat daging yang kenyal adalah salah satu ciri yang spesifik dari ayam kampung. Sudah menjadi budaya setiap lebaran tiba, tidak heran bila ayam kampung menjadi serbuan masyarakat sebagai menu masakan daging ayam kampung.

Dipasaran harga ayam kampung relatif stabil, dan selalu lebih mahal serta memiliki segmen pasar tersendiri.

Jenis ayam kampung lokal Indonesia atara lain adalah :
  1. Ayam Kedu : dari Jawa tengah (magelang & Temanggung) terdiri dari : Ayam Kedu Hitam, Ayam Kedu Cemani, AyamKedu Putih,Ayam Kedu Merah.
  2. Ayam Nunukan : dari Kalimantan ( Tarakan )
  3. Ayam Pelung : dari Jawa Barat (Cianjur)
  4. Ayam Sentul : dari Jawa Barat (Ciamis)
  5. Ayam Banten : dari Jawa barat (Banten)
  6. Ayam Gaok : dari Madura (Sumenep)
  7. Ayam Ciparage : dari Jawa Barat (Karawang)
  8. Ayam Bali : dari Bali
  9. Ayam Wareng : berkembang Jawa Tengah & Jawa Barat
  10. Ayam Ayunai : dari Papua (Merauke)
  11. Ayam Tolaki : Sulawesi Tenggara (Tolaki)
  12. Ayam Delona : dari Jawa Tengah ( Delanggu)
  13. Ayam Merawang/ Bangka : dari Bangka
  14. Ayam Balenggek : dari Sumatra Barat
  15. Ayam Ketawa / Sidrap : Sulawesi Selatan (Sidrap)
  16. Ayam Jantur : Jawa Barat
  17. Ayam Kalosi : Sulawesi Selatan
  18. Ayam Burgo : dari Bengkulu
  19. Ayam Maleo : Sulawesi & Maluku
  20. Ayam Tukong : Kalimantan Barat
  21. Ayam Sedayu : Jawa Tengah (Magelang)
Beberapa jenis diantaranya telah dinyatakan punah seperti ayam ciparage dari karawang dan ayam sedayu dari Magelang.

Budidaya ayam kampung kembali bangkit lagi dilakukan oleh banyak masyarakat Indonesia, baik diternak secara besar ataupun hanya beberapa ekor pada rumah yang berlahan sempit. Di Amerika sendiri ada sebagian masyarakat juga memelihara ayam di sekitar rumahnya di tengah tengah kota.

Maraknya penggunaan bahan kimia pada jajanan anak, makanan, sembako, sayuran, ternak ayam (unggas lainya), dan juga termasuk ternak ikan yang kian memprihatinkan dan menjadi ancaman kesehatan bagi masyarakat dan generasi masa depan. Gerakan go green salah satu pengaruh penting untuk kembali ke natural (Go organik).

Tidak terlepas pada sektor peternakan ayam juga dibudidaya secara organik, bahkan di eropa sendiri telah melarang penggunaan beberapa bahan kimia antibiotik untuk peternakan ayam.

Hadirnya teknologi probiotik (efektif mikroorganisme) hasil fermentasi organik, menjadi peran dan pendamping penting bagi peternak ayam organik. Probiotik hasil rekayasa bahan organik ini memberikan efek positif untuk mempercepat pertumbuhan, mejaga kesehatan ternak dan meningkatkan produksi, hal ini karena adanya kandungan mikroba positif yang bisa membentuk kekebalan pada tubuh ternak dan membantu penyerapan sari sari makanan untuk tubuh ayam itu sendiri. Dikalangan peternak sendiri Probiotik ini sering disebut, suplemen ternak, jamu ternak, ramuan ajaib ternak, EM4 ternak.

Ternak ayam organik tidak hanya diberi makan alami terus diliarkan begitu saja, tetapi pemeliharaan secara intensif dan semi intesif dengan cara memberikan makan secara alami (organik) dan dikandangkan baik kandang postal atau kandang umbaran, karena jika diliarkan seperti dahulu kala belum tentu menjadi ayam organik, karena bisa saja ayam mengkais-kais makan diluar yang mengandung bahan bahan kimia dan mudah tertular penyakit.

Ternak ayam kampung di depok juga sudah mulai bangkit lagi, ketika saya berkeliling ke daerah depok sudah banyak warga yang memelihara ayam kampung / unggas lainya, tetapi masih banyak yang belum tahu manfaat probiotik ini, sebagian masih dipelihara secara tradisional. Padahal peran masyarakat cukup penting dalam mempertahankan kelestarian ayam kampung, yang nantinya bisa diharapkan menjadi ayam kampung produk unggulan.

Ternak ayam kampung berarti turut menjaga kelestarian keberadaan ayam kampung, yang mempuyai nilai cukup berarti dan merupakan salah satu sumber gizi yang sangat baik bagi masyarakat.

8 komentar:

ayam kampung mengatakan...

benar sekali apa yang tertulis di atas, saya juga sedang mengembangkan ayam kampung organik, tapi apakah ayam sentul masih ada di Indonesia?setau saya ayam sentul sudah punah. salam kenal dari kami

Hayati Mart mengatakan...

Masih ada boss, sekarang sedang di budidaya di Ciamis, dan plasma nutfah Balitnak ciawi bogor.

masadi86 mengatakan...

informasinya sangat bermanfaat,ane juga lagi nyoba2 pelihara ayam kampung.tapi ane kawin silangkan ama ayam bangkok..

masadi86 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
masadi86 mengatakan...

www.masterbis.blogspot.com

Anonim mengatakan...

top

Anonim mengatakan...

Saya cari syam tukong asli dan ayam nunukan mohon informasinya yang ternak dimana hub 08115012829

ayam kampung super jawa super joper mengatakan...

Yth. Bpk/ibu kami mensuplay kebutuhan ayam kampung organik. Panen rutin. Kandang sekitar Solo. Hub. 081226095035/ 085642153636. Trims

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More